Website Staff Akademik Universitas Gadjah Mada
 

Etika Bisnis

September 23rd, 2008 Posted in Etika Bisnis, Silabus

DESKRIPSI MATA KULIAH

Bisnis harus beretika, kata yang mudah diucapkan namun sangat sulit untuk direalisasikan. Orientasi laba pada entitas bisnis menjadi salah satu kendalanya. Kepentingan menciptakan keunggulan kompetitif untuk mengumpulkan laba bagi perusahaan dan tuntutan untuk beretika menjadi 2 sisi mata uang yang sama-sama memiliki probabilitas 50% untuk diprioritaskan dalam bisnis. Kemunculan salah satu sisinya akan meniadakan sisi yang lain.

Meskipun demikian, manajer dalam mengelola bisnis yang semakin kompetitif menyadari bahwa bisnisnya berdiri dalam suatu jejaring maya bisnis di level domestik maupun internasional. Semua pihak dalam jejaring tersebut memiliki kepentingan yang beraneka ragam. Oleh karena itu, toleransi antar kepentingan menjadi faktor yang diperhatikan untuk dapat bertahan di lingkungan bisnis. Pada kondisi inilah etika bermain penting. Hanya manajer yang dapat menjalankan etika yang dapat terus bertahan. Bahkan etika diyakini akan menjadi sumber keuntungan jangka panjang perusahaan. Oleh karena itu, laba dan etika dapat diselaraskan dalam bisnis.

Mata kuliah ini memberikan dasar pemahaman kepada mahasiswa, calon-calon manajer, dalam memahami pengelolaan manajemen yang beretika. Lebih lanjut, mata kuliah ini diharapkan menginisiasi dan memperkuat internalisasi etika dalam diri mahasiswa, insan-insan bisnis masa depan.

TUJUAN MATA KULIAH

Tujuan matakuliah ini adalah:

1. Memberikan bekal pengetahuan konseptual dan teoritis tentang etika bisnis.

2. Mengembangkan cara berfikir kritis (analitis dan integratif) dalam mengevaluasi dan memanfaatkan teori-teori dan konsep-konsep etika bisnis dalam berbagai situasi bisnis.

3. Melatih penerapan berbagai teori, konsep, dan tehnik tentang etika bisnis baik secara individual maupun organisasional melalui diskusi-diskusi interaktif dengan fasilitator.

4. Pada taraf lanjut, mata kuliah ini diharapkan menjadi dasar internalisasi etika bisnis dalam diri insan-insan bisnis masa depan.

REFERENSI

Velasquez, Manuel G. 2006. Business Ethics: Concept and Cases, 6th edition. Pearson Education, Inc., New Jersey. (VM)

Artikel, dan materi perkuliahan lain dari sumber-sumber yang relevan.

METODE PENCAPAIAN TUJUAN

1. Kuliah.

Kuliah wajib dihadiri oleh setiap peserta. Setiap mahasiswa wajib mempelajari materi sebelum didiskusikan di kelas. Kuliah akan lebih banyak bersifat non-tutorial yaitu diskusi aktif antara dosen dan mahasiswa, dan antar mahasiswa sendiri.

2. Presentasi Kelompok dan Diskusi.

Pada setiap pertemuan, mahasiswa yang telah dibagi menjadi 6 kelompok, wajib mengumpulkan paper analisis atas materi yang dibahas pada pertemuan tersebut. Selain itu, kelompok juga wajib menyiapkan format power point atas papernya untuk kepentingan presentasi. Sertakan pula berbagai bacaan yang mendukung analisis dari materi tersebut.

Materi untuk pertemuan 1 – 8 disediakan oleh fasilitator, sedangkan materi untuk pertemuan 9 – 14 disediakan oleh kelompok yang presentasi. Materi yang disediakan kelompok presentasi wajib dikumpulkan pada pertemuan ke-3. Urutan presentasi untuk pertemuan 1 – 8 ditentukan pada saat kelas berlangsung, sedangkan urutan presentasi untuk pertemuan 9 – 14 ditentukan pada pertemuan 1.

Setiap mahasiswa bertanggung jawab terhadap ”kehidupan” diskusi kelas.

LAIN-LAIN

1. Peserta diwajibkan memenuhi setiap komponen penilaian dengan baik, serta mengumpulkan tugas tepat waktu.

2. Peserta diharapkan menjaga kode etik akademik selama perkuliahan.

3. Setiap tindakan kecurangan berakibat ketidaklulusan.

METODE PENILAIAN

Ujian sisipan = 30%

Ujian final = 30%

Paper dan Presentasi = 20%

Diskusi Kelas/Partisipasi dan kuis = 20%

MATERI DAN AGENDA PERKULIAHAN

Materi dan agenda setiap pertemuan disampaikan pada tabel berikut:

Sesi

Materi dan Agenda

Referensi

1

Penjelasan silabus

Penjelasan general framework mata kuliah

Etika dan bisnis

Silabus

VM 1

Artikel

2

Prinsip etika dalam bisnis

VM 2

Artikel

3

Sistem dalam bisnis: Pemerintah, pasar, dan perdagangan internasional

VM 3

Artikel

4

Etika di pasar

VM 4

Artikel

5

Etika dan lingkungan

VM 5

Artikel

6

Etika dalam pemasaran

VM 6

Artikel

7

Etika: Diskriminasi dalam pekerjaan

VM 7

Artikel

8

Etika: Individu dalam organisasi

VM 8

Artikel

9

Kelas diskusi

Sistem dalam bisnis: Pemerintah, pasar, dan perdagangan internasional

Kasus kelompok 1

10

Kelas diskusi

Etika di pasar

Kasus kelompok 2

11

Kelas diskusi

Etika dan lingkungan

Kasus kelompok 3

12

Kelas diskusi

Etika dalam pemasaran

Kasus kelompok 4

13

Kelas diskusi

Etika: Diskriminasi dalam pekerjaan

Kasus kelompok 5

14

Kelas diskusi

Etika: Individu dalam organisasi

Kasus kelompok 6

  1. 3 Trackback(s)

  2. Jul 7, 2011: Alexander
  3. Jul 9, 2011: Alexander1
  4. Jul 16, 2011: Alexander6

Sorry, comments for this entry are closed at this time.